logo

YPA-Umum

MELAYANI DENGAN HATI:<br>SATU DASAWARSA YPA-MDR BERBAKTI PADA DUNIA  PENDIDIKAN<br>

MELAYANI DENGAN HATI:
SATU DASAWARSA YPA-MDR BERBAKTI PADA DUNIA PENDIDIKAN

MELAYANI DENGAN HATI:
SATU DASAWARSA YPA-MDR BERBAKTI PADA DUNIA PENDIDIKAN

Jakarta, 17 Januari 2019 – Memasuki usia satu dasawarsa, Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang dibentuk secara khusus oleh PT. Astra International Tbk, menggelar serangkaian acara Hari Ulang Tahun pada 15-17 Januari 2019 bertajuk YPA-MDR Go Digital.

Peringatan Satu Dasawarsa YPA-MDR

- Tanggal 15 Januari 2019, YPA-MDR menggelar Final Lomba Matematika metode Gasing (Gmapang Asyik & Menyenangkan) dengan menggunakan aplikasi android, yang diikuti 44 siswa, sebagai siswa pemenang tingkat daerah. Sebelumnya dilakukan lomba di masing-masing wilayah binaan, dengan jumlah peserta sebanyak 221 siswa.

- Tanggal 16 januari 2019, Seminar Nasional dengan Tema: HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan Direktur PG Dikmen dan Direktur PG Dikmen dan Diksus: Ir. Sri Renani Pantjastuti, MPA., Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dan sebagai Narasumber dari Genius, UKSW dan Guru-guru binaan sejumlah 16 orang yang menyampaikan karya ilmiahnya. Hadir para undangan sejumlah 250 peserta yang terdiri dari Guru-guru binaan maupun non-binaan YPA MDR.

- Tanggal 17 Januari 2019, hari ini yang merupakan puncak acara peringatan Hari Jadi YPA MDR ke 10, mengusung Tema: ‘YPA MDR Go Digital’. Dan dalam perayaan ini akan diluncurkan Buku Satu Dasa Warsa YPA MDR berbhakti, peluncuran Operating Values YPA MDR, Peluncuran Mars YPA MDR, dan serangkaian pagelaran, yaitu SATU Indonesia Cabaret, pagelaran kolaborasi seni budaya sekolah-sekolah binaan dan Fashion Show, busana desain karya Siswa SMKN 2 Gedangsari, Gunungkidul.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan “peringatan satu dasawarsa YPA-MDR ini merupakan bentuk dari rasa syukur kami atas kiprah YPA-MDR dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah prasejahtera, Terluar, Terdepan & Tertinggal”.

Kontribusi Astra melalui YPA-MDR untuk Pendidikan Indonesia

• Periode Perintisan dan Pemantapan Fondasi, tahun 2005 – 2009 ditandai dengan dibentuknya organisasi yang bernama BERNAS yang dalam pelaksanaan dan pengelolaan bantuan pendidikan dicangkokkan dengan Yayasan Astra Bina Ilmu. Pada tahun 2006 dimulai pembinaan 5 Sekolah Dasar dibarengi dengan pembangunan Gedung dan sarana-prasarananya di Kecamatan Leuwiliang, Kab. Bogor. Dan kurun waktu 2007-2009, diteruskan pembangunan SD dan SMP di Gunungkidul dan Bantul pasca gempa. Pada periode ini, jumlah sekolah binaan kami ada 21 sekolah dengan jumlah guru 276 orang dan jumlah siswa 4.831 orang.

• Periode Ekspansi dan Pemandirian, tahun 2010 – 2019 merupakan era perluasan daerah binaan ke wilayah baru dan bersamaan itu pula dilaksanakan program pemandirian sekolah-sekolah binaan melalui berbagai program untuk menjadikan sekolah-sekolah binaan mencapai status “Swapraja” atau mandiri dan bahkan berstatus “Unggul”. Di tahun 2018 dilaksanakan program yang kami sebut ‘take off atau tinggal landas’, yaitu bagi sekolah-sekolah yang sudah mencapai status ‘unggul’ tidak lagi diberikan bantuan fisik atau sarana-prasarana. Namun demikian sekolah binaan tersebut tetap masuk dalam portofolio YPA MDR. Dalam hal ini masih tetap diberikan program upgrading terkait softskill dan pelatihan dalam peningkatan mutu belajar-mengajar.

Saat ini, jumlah sekolah binaan Astra menjadi 77 sekolah dengan total guru binaan 952 orang dan siswa binaan 17.086 siswa. Jumlah angka tersebut termasuk dua wilayah binaan yang merupakan kolaborasi program CSR bidang pendidikan, yang pertama untuk Wilayah Kutai Barat, Kalimantan Timur dengan PT Pamapersada Nusantara dan United Tractor, dan yang kedua di wilayah Kabupaten Serang, Banten dengan PT Marga Mandala Sakti.

Diawal tahun 2019 akan ada penambahan sekolah binaan baru sejumlah 14 sekolah di daerah Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah yang merupakan kolaborasi program bantuan Pendidikan dengan PT Pamapersada Nusantara wilayah Kalimantan Tengah. Dengan demikian jumlah sekolah binaan Astra di wilayah prasejahtera pada tahun ini menjadi 91 sekolah binaan mulai dari tingkat SD, SMP dan SMK

• Periode Pemantapan Prestasi, periode yang akan dimulai tahun 2020 dan seterusnya, yang dicanangkan sebagai era pencapaian prestasi yang membanggakan bangsa, ‘Pride of The Nation dan sekolah yang berwawasan global. Untuk itu, sarana-prasarana sudah kami install dengan sebuah laboratorium termasuk jaringan internet, perangkat computer, smart board dan SIMAK (Sistem Informasi Manajemen Akademik). Program Research School juga kami canangkan untuk sekolah binaan kami yang diharapkan anak didik terbangun daya nalar dan kreatifitasnya yang menghasilkan karya inovatif sejak usia dini.

Pola pembinaan yang berbasis pada 4 Pilar, yakni Akademis, Karakter, Kecakapan Hidup dan Seni Budaya, dibarengi dengan pelaksanaan dari konsep ‘Sekolah Eskalator’, diharapkan dapat melahirkan manusia handal, unggul, mandiri dan berkarakter. Dan untuk itu, kami menetapkan beberapa kebijakan yang dapat memperkuat dan mempertegas terwujudnya komitmen menuju sekolah unggul, sebagai berikut:
- Membangun sinergitas dengan Kepala daerah tingkat propinsi dan Kabupaten dan Dinas terkait.
- Memberdayakan Komite Sekolah sebagaimana peran, tugas dan fungsinya
- Pola komunikasi dengan stakeholders secara intensif dan periodik, mulai sejak perencanaan, proses pelaksanaan program dan pencapaian hasil.

Dalam peningkatan mutu para Guru, kami telah melakukan pelatihan dan pendampingan yang terkait dengan Kompetensi Guru secara intensif dan periodik dan berkelanjutan, antara lain :
- Pelatihan Kurikulum 13 (K13)
- Pelatihan Matematika dengan Metode GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) bekerjasama dengan Surya Institute, pimpinan Prof. Yohanes Surya.
- Pelatihan Guru dalam hal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bekerjasama dengan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga pimpinan Prof. Ferdy Rondonuwu. Dan khusus wilayah Kupang dibawah pembinaan Universitas Widya Mandira (UNWIRA) Kupang pimpinan Bapak Alfons Bunga Naen.
- Di tingkat Internasional, guru binaan kami di SMKN 2 Gedangsari, Gunungkidul terpilih sebagai salah satu delegasi Indonesia menghadiri forum International di Bhubaneswar, India, yang di selenggarakan oleh Red Onion,

Di bidang Karakter, dilakukan pembinaan melalui program pembiasaan 4 karakter dasar, yaitu Disiplin, Respek, Kebersihan dan Daya Juang, menjadi sebuah budaya yang membentuk karakter positif para Guru dan Siswa. Herawati menambahkan “Melalui program ini diharapkan terbentuk sikap dan tindakan positif yang dapat diterapkan di kehidupan keseharian, baik di keluarga dan masyarakat.

Dari segi non-akademis, yaitu Kecakapan Hidup dan Seni Budaya merupakan satu kesatuan program dengan program Akademis dan Karakter. Hal ini dimaksudkan, untuk mempersiapkan para siswa memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni dalam menggali potensi unggulan daerahnya sesuai kearifan lokal. Pembinaan yang dilakukan bersama para narasumber di bidang kecakapan hidup dan seni budaya melalui pembinaan dan pendampingan yang intensif, membuahkan berbagai prestasi yang diraih sekolah binaan YPA MDR.

Di bidang Kecakapan hidup, melalui peran Komite Sekolah di masing-masing sekolah, dibentuklah sebuah komunitas Paguyuban Komite Sekolah di satu wilayah, yang secara aktif dan produktif menjalankan sebuah usaha yang sesuai potensi unggulan daerahnya, antara lain:
- Pembuatan minyak kelapa murni yang disebut VCO (Virgin Coconut Oil) binaan Ibu Ani Setyo Pratiwi dari Fakultas MIPA
- Usaha Paguyuban Komite Sekolah binaan berupa budidaya ikan lele dan kebun jeruk BW.
Melalui program pembinaan, YPA-MDR secara berkomitmen untuk tetap berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan Indonesia di wilayah prasejahtera.

YPA-MDR berterima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Daerah, Dinas Pendidikan Terkait, Narasumber serta pihak-pihak yang telah memberikan dukungan terhadap program pembinaan YPA MDR selama ini di wilayah-wilayah binaan dan termasuk terselenggaranya perayaan Hari Jadi YPA MDR ke 10 sekarang ini.

Latest YPA-Umum

YPA-Umum YPAMDR RESMIKAN GEDUNG BARU SERTA LUNCURKAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH BLUD PLUS SMKN 2 DONOROJOYPA-MDR RESMIKAN GEDUNG BARU SERTA LUNCURKAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) PLUS SMKN 2 DONOROJO
Pacitan, 18 Juni 2019 - Sebagai bentuk komitmen untuk tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR), meresmikan gedung baru SMKN 2 Donorojo serta meluncurkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Plus sekolah pada Minggu, 7 Juli 2019 di Pacitan yang dihadiri oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si ; Bupati Pacitan, Drs. Indartato, MM dan Direktur PT Astra International Tbk, Paulus Bambang Wijanarko.
YPA-Umum YPAMDR HADIRKAN GURU MUDA INDONESIA DI PROVINSI NTT DALAM PROGRAM SEMANGAT INDONESIA CERDASYPA-MDR HADIRKAN GURU MUDA INDONESIA DI PROVINSI NTT
DALAM PROGRAM SEMANGAT INDONESIA CERDAS
KUPANG , 1 Juli 2019 – PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) hari ini Senin, 1 Juli 2019 menggelar acara serah terima Guru Muda Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) dikantor Gubernur NTT, Kupang.
YPA-Umum YPAMDR TURUT SERTA  AKTIF DALAM PEMBENTUKAN DESA SEJAHTERAYPA-MDR TURUT SERTA & AKTIF DALAM PEMBENTUKAN DESA SEJAHTERA
Gunungkidul, 6 April 2019 – Sebagai bentuk nyata komitmen untuk memajukan wilayah Prasejahtera menuju Desa Sejahtera, Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) mendukung Program Forum dan Kunjungan Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera (KBADS) yang berlangsung pada 6-8 April 2019 di Desa Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta.
Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim
Jl. Gaya Motor Raya No.8
AMDI B Lt.6
Sunter II, Jakarta 14330 - Indonesia
Tel. (+62 21) 6522 555 ext. 3604
Fax. (+62 21) 6530 4952
Other Information Footer Download agustus 2017
Download Buletin YPA-MDR Edisi September 2016
Download
Copyright © 2015 - Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTMobile