logo

YPA-Gedangsari

BATIK KARYA SISWA BINAAN YPA-MDR HADIR DALAM FESTIVAL SENI INTERNATIONAL DI YOGYAKARTA<br>

BATIK KARYA SISWA BINAAN YPA-MDR HADIR DALAM FESTIVAL SENI INTERNATIONAL DI YOGYAKARTA

YOGYAKARTA - Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) kembali perkenalkan batik hasil karya siswa binaan di Kec. Gedangsari, Kab. Gunungkidul, di kancah internasional. Kali ini, YPA-MDR hadir di Festival Seni International (FSI) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (P4TKSB) Yogyakarta, dengan tema "Today's Art, Future's Culture", yang artinya seni yang diciptakan di FSI ini diharapkan menjadi budaya di masa depan.

Pameran batik hasil karya siswa SD, SMP, dan SMK binaan YPA-MDR di Gedangsari dan Pandak dapat dilihat di booth YPA-MDR sejak tanggal 21 hingga 25 November 2016. Tidak hanya batik, pengunjung juga bisa melihat kelihaian siswa binaan YPA-MDR dalam membatik, bahkan belajar membatik dengan menggunakan canting.
Sejak tahun 2007, Astra melalui YPA-MDR telah membina 6 SDN, 1 SMPN, dan 1 SMKN di Kec. Gedangsari, Kab. Gunungkidul, serta 3 SDN, 1 SMPN, dan 1 SMKN di Kec. Pandak, Kab. Bantul. Pembinaan dilakukan berdasarkan konsep “Sekolah Eskalator” dimana 4 pilar pembinaan yaitu Akademis, Karakter, Seni Budaya dan Kecakapan Hidup diberikan secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Dimulai tahun 2010, YPA-MDR bersama dengan P4TK Seni dan Budaya melakukan survey potensi Kecakapan hidup di Kec. Gedangsari yang Pada saat itu Gedangsari menyimpan potensi yang besar khususnya dalam seni membatik. Namun, seni membatik di Gedangsari kebanyakan dilakukan oleh orang-orang tua atau berusia lanjut. YPA-MDR dan P4TK Seni dan Budaya pun menganggap regenerasi warisan batik dipandang perlu dilakukan sejak dini. Maka sejak itu YPA-MDR bekerja sama dengan P4TK Seni dan Budaya untuk melakukan pembinaan dan pelatihan di Sekolah Binaan YPA-MDR dengan tujuan untuk menjadikan guru dan siswa terampil dalam membatik, pembinaan tersebut pun berjalan terus hingga P4TK pun mulai membina Sekolah binaan YPA-MDR di Kec. Pandak, Kab. Bantul.
“Strategi dan proses pembinaan YPA-MDR sendiri adalah untuk membina guru di bidang batik supaya bisa meneruskannya kepada siswa dengan mendampingi pembinaan dan menguatkan siswa dalam prakteknya,” tutur Sekretaris Pengurus YPA-MDR Kristanto saat Press Conference di Pembukaan FSI 2016.


Hingga tahun 2016 ini, batik hasil karya siswa telah diikutkan dalam beberapa pameran bergengsi yang ternyata cukup diminati oleh masyarakat. Tidak hanya satu atau dua orang yang telah memakai karya siswa untuk menjadi pakaian. Dukungan yang diberikan kepada YPA-MDR dan sekolah-sekolah pun sangat positif.
“Festival Seni International (FSI) merupakan ajang dua tahunan yang dimulai sejak tahun 2006 ini dimaksudkan untuk mempertemukan karya kreatif guru Seni Budaya dengan karya kreatif dan inovatif untuk itulah YPA-MDR memutuskan ikut serta mendukung kegiatan FSI 2016 ini, apalagi FSI tahun ini mengangkat tema "Today's Art, Future's Culture", yang artinya seni yang diciptakan di FSI ini diharapkan menjadi budaya di masa depan. Tema tersebut sejalan dengan tujuan pembinaan Kecakapan Hidup yang Astra lakukan melalui YPA-MDR bekerjasama dengan P4TK di Gedangsari dan Pandak yaitu untuk menjaga serta melestarikan warisan budaya khususnya seni membatik untuk generasi dimasa depan,” tutup Kristanto.

Sentra Industri
Sejak 2007, YPA-MDR membina 9 SD, 2 SMP dan 2 SMK di Yogyakarta, yaitu di Kecamatan Gedangsari-Gunung Kidul dan Kecamatan Pandak-Bantul, serta 2.886 siswa binaan dan 186 guru binaan. Berdasarkan empat Pilar Pola Pembinaan YPA-MDR, membatik merupakan salah satu kecakapan hidup yang dikembangkan di Gedangsari sesuai potensi daerahnya.
YPA-MDR bersinergi dengan para praktisi dan desainer sebagai narasumber. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran secara akademik dan implementasinya di sekolah binaan. Selain itu, YPA-MDR juga berupaya untuk menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menciptakan perekonomian kreatif dengan menjadikan Gedangsari sebagai daerah sentra industri sesuai potensi unggulan daerahnya.
“Kedepannya, YPA-MDR akan terus memberikan pembinaan kepada guru dan siswa seperti pengembangan desain motif dan pewarnaan. Tidak hanya itu, karya siswa akan didesain menjadi busana atau pakaian ready to wear. Sehingga, kami berharap Gedangsari akan menjadi sentra industri batik dan siswa binaan Astra di Yogyakarta kedepannya akan terlibat dengan UKM daerahnya, menjadi pengusaha, menjadi praktisi fashion yang dapat memberikan kontribusi besar terhadapi daerahnya dapat menciptakan perekonomian kreatif dengan menjadikan Gedangsari sebagai daerah sentra industri sesuai potensi unggulan daerahnya,” tutup Kristanto.

Latest YPA-Gedangsari

YPA-Gedangsari LESTARIKAN TRADISI BATIKSEKOLAH BINAAN YPAMDR SELENGGARAKAN PAGELARAN BUSANALESTARIKAN TRADISI BATIK:
SEKOLAH BINAAN YPA-MDR SELENGGARAKAN PAGELARAN BUSANA
Yogyakarta, 19 Desember 2017 - Galakkan pelestarian tradisi batik pada industri busana Indonesia, SMKN 2 Gedangsari yang merupakan sekolah binaan PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) berkolaborasi dengan Designer DIY Dandy T. Hidayat selenggarakan pagelaran busana “Fashion Shwo D’ Aactivities” pada Selasa, 19 Desember 2017 yang turut dihadiri oleh Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah S.Sos.
YPA-Gedangsari PENTASI SENI DAN LOMBA SEKOLAH BINAAN YPAMDR DI YOGYAKARTAPENTASI SENI DAN LOMBA SEKOLAH BINAAN YPA-MDR DI YOGYAKARTA
GUNUNGKIDUL – Sebelum mengakhiri tahun 2016, demi meningkatkan mutu sekolah binaan, Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menyelenggarakan Pentas Seni dan Lomba (Pensil) Sekolah Binaan dengan tema “Raih Prestasi Menuju Sekolah Unggul” di Kec. Gedangsari – Kab. Gunungkidul dan Kec. Pandak – Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
YPA-Gedangsari BUS RAMADHAN YPAMDR 2017BUS RAMADHAN YPA-MDR 2017
Dengan semangat berbagi di bulan Suci Ramadhan, pada tanggal 14 Juni 2017, Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menyelenggarakan kegiatan BUS RAMADHAN (Berbagi Untuk Sesama Di Bulan Ramadhan) yang bertempat di salah satu sekolah binaannya, yaitu di SDN 2 Kertosari, Kecamatan Tanjungsari – Kabupaten Lampung Selatan.
Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim
Jl. Gaya Motor Raya No.8
AMDI B Lt.6
Sunter II, Jakarta 14330 - Indonesia
Tel. (+62 21) 6522 555 ext. 3604
Fax. (+62 21) 6530 4952
Other Information Footer Download agustus 2017
Download Buletin YPA-MDR Edisi September 2016
Download
Copyright © 2015 - Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTMobile