logo

YPA-Umum

LESTARIKAN LINGKUNGAN DESA WISATA BUDAYA:<br>YPA-MDR INISIASI PENANAMAN RIBUAN POHON ZAT PEWARNA ALAM

LESTARIKAN LINGKUNGAN DESA WISATA BUDAYA:
YPA-MDR INISIASI PENANAMAN RIBUAN POHON ZAT PEWARNA ALAM

Gunungkidul, 10 April 2018 - Grup Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) pada hari ini (10/4) lestarikan lingkungan sekitar dengan melakukan penanaman ribuan pohon sebagai sumber zat pewarna alam di Desa Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang di hadiri oleh Wakil Bupati Gunungkidu,l Bapak DR.Drs. Immawan Wahyudi, MH.

Penaman pohon di dusun Prengguk ini, dilaksanakan diatas lahan yang sdah disiapkan oleh desa. Pohon yang ditanam merupakan bibit pohon jati dan pohon mahoni yang dapat menjadi zat pewarna alam untuk batik.

Desa yang pada bulan Agustus 2017 lalu diresmikan sebagai Rintisan Desa Wisata Budaya dalam acara “Pesona Gedangsari” oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X ini bercita-cita menjadi model pusat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui potensi desa wisata yang dipadukan dengan budaya berkolaborasi dengan paguyuban komite sekolah dan masyarakat yang ada di Desa Tegalrejo.

Pembentukan Rintisan desa wisata budaya ini merupakan wujud konkrit kepedulian Astra melalui YPA-MDR di Kab. Gunungkidul sejak 10 tahun yang lalu. Hal ini juga merupakan bentuk nyata bahwa dunia pendidikan mampu berperan dan berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat Gedangsari, khususnya Desa Tegalrejo dimana terdapat dari 6 SDN, 1 SMPN, dan 1 SMKN Binaan Astra.
Hal ini selaras dengan komitmen Astra dalam program CSR pendidikan melalui YPA-MDR di semua area binaan di Indonesia adalah sekolah dengan konsep Sekolah Eskalator, yakni sekolah dengan pola pembinaan dan pendampingan yang berjenjang dan berkelanjutan yang dapat berdampak ekonomi kerakyatan untuk menuju desa sejahtera.

Desa wisata budaya yang bertempat di Desa Tegalrejo ini diharapkan dapat menjadi wilayah destinasi wisata baru dengan segala potensinya, seperti :
Teaching Factory Batik
Salah satu potensi di Yogya yang secara umum diketahui masyarakat tentu saja adalah seni budaya dan batik. Di Kab. Gunungkidul, dusun-dusun di Gedangsari memiliki para pembatik yang sangat berkembang dan para pembatiknya telah mendapat sertifikasi oleh Disnaker Yogyakarta, bahkan Kec. Gedangsari memiliki motif batik khas yang telah dipatenkan. YPA-MDR melakukan pemberdayaan masyarakat melalui teaching factory yang melibatkan lulusan SMKN 2 Gedangsari

Laboratorium Mini Zat Pewarna Alam SMKN 2 Gedangsari
Sejak tahun 2006, YPA-MDR telah membina para guru dan siswa kerjasama dengan P4TK Seni & Budaya Yogya melakukan pelatihan dan pengembangan budaya kearrifan lokal berupa kecakapan hidup membatik di 6 SDN, 1 SMPN, dan 1 SMKN yang ada di Gedangsari. Salah satunya juga dengan membantu meningkatkan pelestarian batik dengan menyiapkan fasilitas laboratorium mini zat pewarna alam di SMKN 2 Gedangsari yang bertujuan untuk menjadi tempat pelatihan para siswa dan masyarakat/UKM Batik agar dapat memproduksi sendiri zat pewarna alam tersebut. Kegiatan membatik dengan zat pewarna alam merupakan penajaman konsep Astra bahwa dalam kegiatan usahanya harus ramah lingkungan. Penanaman pohon selain dalam upaya pelestarian lingkungan, sekaligus sebagai upaya penyediaan sumber zat warna alam yang mendukung perbatikan di Desa Tegalrejo.

Latest YPA-Umum

YPA-Umum LESTARIKAN LINGKUNGAN DESA WISATA BUDAYAYPAMDR INISIASI PENANAMAN RIBUAN POHON ZAT PEWARNA ALAMLESTARIKAN LINGKUNGAN DESA WISATA BUDAYA:
YPA-MDR INISIASI PENANAMAN RIBUAN POHON ZAT PEWARNA ALAM
Gunungkidul, 10 April 2018 - Grup Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) pada hari ini (10/4) lestarikan lingkungan sekitar dengan melakukan penanaman ribuan pohon sebagai sumber zat pewarna alam di Desa Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang di hadiri oleh Wakil Bupati Gunungkidu,l Bapak DR.Drs. Immawan Wahyudi, MH.
YPA-Umum Komitmen Tingkatkan Mutu Pendidikan Wilayah PrasejahteraYPAMDR Fokuskan Prestasi Akademik di Tahun 2018Komitmen Tingkatkan Mutu Pendidikan Wilayah Prasejahtera
YPA-MDR Fokuskan Prestasi Akademik di Tahun 2018
Jakarta, 9 Maret 2018 – Sebagai bentuk komitmen tingkatkan mutu di daerah prasejahtera, PT. Astra International melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) fokus pada peningkatan pencapaian prestasi akademik pada sekolah-sekolah binaan yang tersebar diseluruh Indonesia.
Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa pada tahun 2017 lalu, YPA-MDR telah sukses menyelenggarakan pola pembinaan dibidang akademik melalui program Pelatihan Matematika & Fisika Metode Gasing (Gampang Asyik & Menyenangkan) selama dua bulan yang pesertanya merupakan Guru dan Siswa hasil seleksi di wilayah Sekolah binaan YPA-MDR seperti di Bogor, Gunungkidul, Bantul, Kupang, Lampung Selatan, dan Pacitan sebagai bekal awal persiapan mengikuti ajang kompetisi Olimpiade Dunia.
YPA-Umum MENGAWALI TAHUN 2018YPAMDR BANGUN GEDUNG BARU SDN CIREN DITANAH SELUAS 1510 m2MENGAWALI TAHUN 2018:
YPA-MDR BANGUN GEDUNG BARU SDN CIREN DITANAH SELUAS 1.510 m2
Bantul, 18 Januari 2018 – sebagai bentuk nyata komitmen untuk tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) Hari ini, Kamis, 18 Januari 2018, melaksanakan prosesi peletakan batu pertama di SDN Ciren bersama Kepala Wakil Bupati Bantul, Bapak H. Abdul Halim Muslih dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, Bapak Drs. Didik Warsito, M.Si dan secara resmi dimulainya pembangunan gedung sekolah.
Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim
Jl. Gaya Motor Raya No.8
AMDI B Lt.6
Sunter II, Jakarta 14330 - Indonesia
Tel. (+62 21) 6522 555 ext. 3604
Fax. (+62 21) 6530 4952
Other Information Footer Download
Download Buletin YPA-MDR Edisi September 2016
Download
Copyright © 2015 - Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTMobile